Kamis, 10 Oktober 2013

Perencanaan Usaha

PROPOSAL RENCANA USAHA
Warung Sembako


     



Disusun Oleh :
Oti Lupiyani
2DF02
55212611






BAB I
PENDAHULUAN
           
1.1 Latar Belakang

Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, sebab banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi bos dari diri sendiri, jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita. Karena itu saya turut mendukung niat Anda untuk membuka usaha.
Adapun bidang usaha yang penulis minati adalah usaha sembako, dengan alasan kebutuhan pokok masyarakat ini tidak pernah habis. Terutama Ibu Rumah Tangga yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya kebutuhan tersebut.

BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1 Visi & Misi
Visi
Menjadikan warung sembako ini menjadi lebih dikenal dan menjadi warung sembako yang maju pilihan utama sebagai  bagi masyarakat.
Misi
      1.      Berorientasi kepada kepuasan konsumen.
      2.      Membuat warung sembako yang serba komplit.

2.2 Identifikasi Usaha
Nama Usaha                : Oti sembako
Pemilik Usaha             : sembako
Alamat Usaha             : jl. Bhakti jaya 8 Rt 10 Rw 17 No. 95
Contact Person            : 083893360111

2.3 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis ini masih usaha perumahan kecil,
Tujuan Usaha
     1.      Menerapkan kemampuan berwirausaha
     2.      Memenuhi kebutuhan konsumen
     3.      Memunculkan bakat untuk berbisnis
     4.      Mendapatkan penghasilan

BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Penjualan Produk

   Penjualan kami ialah penjualan bahan sembako, dan penjualan kami adalah bahan bhan sembako. Bahan yang kami jual di antaranya yaitu : beras, gula , minyak , sarden, telor , sabun mandi , sabun  cuci, rempah rempah, shampoo, kecap, rokok, dll.

3.2 Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan banana baknis ini diantaranya :
v  Harga relative terjangkau oleh semua kalangan.
v  Menjual berbagai macam sembako
v   Dapat diterima oleh semua kalangan.


BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA


4.1 Jenis Usaha
Menjual berbagai macam kebutuhan Ibu rumah tangga.

4.2 Prospek Usaha
Usaha yang kami dirikan ini merupakan usaha menengah. Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi karena kami selalu berinovatif dan kreatif dalam produk kami sesuai kebutuhan konsumen.

BAB V
RENCANA PENJUALAN
Rencana penjualan kami dalam jangka waktu 1bulan menghasilkan sekitar 2.500.000,
5.1 Bahan-Bahan Sembako  
Diantaranya :

Ø  Beras
Ø  Gula
Ø  Minyak
Ø  Sarden
Ø  Telor
Ø  Sabun mandi
Ø  Sabun cuci
Ø  rempah rempah
Ø  shampoo
Ø  kecap
Ø  rokok
Ø  Kerupuk, dll.

BAB VI
RENCANA PEMASARAN
6.1 Analisis persaingan usaha     
SWOT
      A.     STRENGTH (KEKUATAN)
Ø  Bahan sembako mudah ditemukan
Ø  Harga terjangkau
Ø  Menjadi kebutuhan pokok

     B.      WEAKNESSES (KELEMAHAN)
Ø  banyaknya persaingan
Ø  Modal usaha yang kecil
                                         
    C.      OPPORTUNITIES (PELUANG)
Ø  persaingan sembako yang tinggi
Ø  sembako menjadi kebutuhan pokok rumah tangga

    D.     THREATS (ANCAMAN)
Ø  Banyak persaingan berdagang
Ø  Ada jenis sembako yang sama
Ø  Harga produk competitor bersaing

6.2 Target Dan Segmentasi Pasar
§  Geografi
1.      Wilayah yang kita jadikan tempat usaha yaitu wilayah Bekasi, alasan kita memilih Bekasi karena letak suatu ruko tersebut dekat dengan tempat tinggal.
2.      Kami melihat banyaknya peluang bisnis pada Penjualan bahan sembako, sehingga kami memanfaatkan peluang ini.

§  Demografi
Berdasarkan demografi, secara tempat usaha yang kita jadikan sebagai tempat Penjualan yang letak suatu ruko tersebut ramai penduduk.
6.3 Strategi Pemasaran
Ø  Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan bahan kebutuhan pokok masyarakat dan harga barang yang kami jual dengan harga yang terjangkau.
Ø  Meningkatkan kualitas pelayanan
      Menyediakan jasa antar barang pada konsumen.
Ø  Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami melalui jejaring social.

BAB VII
                                                    RENCANA PERMODALAN     
7.1 Modal Usaha
Modal Peralatan                      : Rp.   1.700.000,00,-
Modal Perlengkapan               : Rp.   7.000.000.00,-
Jumlah modal                          : Rp.   8.700.000.00,-



BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
8.1 Rencana organisasi kami ialah terdiri dari bagian ;
Manajemen      : 2
Produksi          : 2
Pemasaran       : 3
Keuangan        : 1


8.2 Klasifikasi Organisasi
·         CEO
Mengontrol, memonitor semua kegiatan yang ada didalam usaha dan mampu membaca laporan keuangan serta dapat mengambil keputusan.
·         General Manager
Dapat mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi usaha
·         Financial Manager
Mengontrol dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan, dan dapat mengatasi masalah keuangan.
·         Production Manager
Bertanggung jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan diperjual belikan.
·         Marketing Manager
Dapat mempromosikan dan menawarkan produk yang menggunakan jejaring social.


BAB IX
RESIKO
9.1 Resiko yang akan mungkin terjadi didalam usaha kami yaitu
1.      Harga barang-barangnya turun naik.
2.      Adanya persaingan global
3.      Adanya cashflow yg tersendat-sendat.
4.      Tingkat penjualan yg renda
5.      Kacaunya distribusi.
6.      Adanya bencana alam.
7.      Adanya pencurian, penipuan dsb

BAB X
KESIMPULAN
Usaha warung sembako kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan kepada kami.

1 komentar:

  1. sangat membantu kami dalam mewujudkan usaha warung sembako terimakasih

    BalasHapus