PROPOSAL RENCANA
USAHA
Warung Sembako
Warung Sembako

Disusun Oleh
:
Oti Lupiyani
2DF02
55212611
Oti Lupiyani
2DF02
55212611
BAB
I
PENDAHULUAN
1.1
Latar Belakang
Membuka usaha memang menjadi impian banyak orang, sebab
banyak sekali keuntungan yang bisa kita dapatkan dari situ. Selain bisa menjadi
bos dari diri sendiri, jam kerja bisa diatur dengan fleksibel juga potensi
penghasilan yang bisa lebih besar dibandingkan bekerja sebagai karyawan. Selain
itu dengan membuka usaha sendiri kita tidak hanya membantu diri kita tetapi juga
membantu orang lain dengan memberi kesempatan mereka bekerja pada usaha kita.
Karena itu saya turut mendukung niat Anda untuk membuka usaha.
Adapun bidang usaha yang penulis minati adalah usaha sembako,
dengan alasan kebutuhan pokok masyarakat ini tidak pernah habis. Terutama Ibu
Rumah Tangga yang sedari dulu sudah sangat sadar perlunya kebutuhan tersebut.
BAB II
ISI BUSINESS PLAN
2.1
Visi & Misi
Visi
Menjadikan warung sembako ini menjadi
lebih dikenal dan menjadi warung sembako yang maju pilihan utama sebagai bagi masyarakat.
Misi
1. Berorientasi kepada kepuasan konsumen.
2. Membuat warung sembako yang serba komplit.
2.2 Identifikasi Usaha
Nama
Usaha : Oti sembako
Pemilik
Usaha : sembako
Alamat
Usaha : jl. Bhakti jaya 8 Rt
10 Rw 17 No. 95
Contact
Person : 083893360111
2.3 Ruang Lingkup Usaha
Ruang lingkup usaha yang kami rintis
ini masih usaha perumahan kecil,
Tujuan Usaha
1. Menerapkan kemampuan berwirausaha
2. Memenuhi kebutuhan konsumen
3. Memunculkan bakat untuk berbisnis
4. Mendapatkan penghasilan
BAB III
ANALISIS USAHA
3.1 Penjualan Produk
Penjualan kami ialah penjualan bahan sembako, dan penjualan kami adalah bahan bhan sembako. Bahan yang kami jual di antaranya yaitu : beras, gula , minyak , sarden, telor , sabun mandi , sabun cuci, rempah rempah, shampoo, kecap, rokok, dll.
3.2 Produk/jasa yang dihasilkan
Keistimewaan banana baknis ini
diantaranya :
v Harga
relative terjangkau oleh semua kalangan.
v Menjual
berbagai macam sembako
v Dapat
diterima oleh semua kalangan.
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
4.1 Jenis Usaha
Menjual berbagai macam kebutuhan Ibu
rumah tangga.
4.2 Prospek Usaha
Usaha yang kami dirikan ini
merupakan usaha menengah. Dalam usaha ini tingkat persaingan mudah diatasi
karena kami selalu berinovatif dan kreatif dalam produk kami sesuai kebutuhan
konsumen.
BAB V
RENCANA PENJUALAN
Rencana penjualan kami dalam jangka
waktu 1bulan menghasilkan sekitar 2.500.000,
5.1 Bahan-Bahan Sembako
Diantaranya :
Ø Beras
Ø Gula
Ø Minyak
Ø Sarden
Ø Telor
Ø Sabun mandi
Ø Sabun cuci
Ø rempah rempah
Ø shampoo
Ø kecap
Ø rokok
Ø Kerupuk, dll.
BAB
VI
RENCANA PEMASARAN
6.1 Analisis persaingan usaha
SWOT
A.
STRENGTH
(KEKUATAN)
Ø
Bahan sembako mudah ditemukan
Ø
Harga terjangkau
Ø
Menjadi kebutuhan pokok
B.
WEAKNESSES
(KELEMAHAN)
Ø
banyaknya persaingan
Ø
Modal usaha yang kecil
C.
OPPORTUNITIES
(PELUANG)
Ø
persaingan sembako yang tinggi
Ø
sembako menjadi kebutuhan pokok rumah tangga
D.
THREATS
(ANCAMAN)
Ø Banyak persaingan berdagang
Ø Ada jenis sembako yang sama
Ø Harga produk competitor bersaing
6.2 Target Dan Segmentasi Pasar
§ Geografi
1.
Wilayah
yang kita jadikan tempat usaha yaitu wilayah Bekasi, alasan kita memilih Bekasi
karena letak suatu ruko tersebut dekat dengan tempat tinggal.
2.
Kami
melihat banyaknya peluang bisnis pada Penjualan bahan sembako, sehingga kami
memanfaatkan peluang ini.
§ Demografi
Berdasarkan
demografi, secara tempat usaha yang kita jadikan sebagai tempat Penjualan yang
letak suatu ruko tersebut ramai penduduk.
6.3 Strategi Pemasaran
Ø Perkenalan Bisnis
Produk yang kami tawarkan merupakan
bahan kebutuhan pokok masyarakat dan harga barang yang kami jual dengan harga
yang terjangkau.
Ø Meningkatkan kualitas pelayanan
Menyediakan jasa antar barang pada
konsumen.
Ø Media pemasaran
Kami akan mempromosikan produk kami
melalui jejaring social.
BAB VII
RENCANA
PERMODALAN
7.1 Modal Usaha
Modal Peralatan : Rp. 1.700.000,00,-
Modal Perlengkapan : Rp. 7.000.000.00,-
Jumlah modal :
Rp. 8.700.000.00,-
BAB VIII
RENCANA ORGANISASI
8.1
Rencana organisasi kami ialah terdiri dari bagian ;
Manajemen : 2
Produksi : 2
Pemasaran : 3
Keuangan : 1
8.2 Klasifikasi Organisasi
·
CEO
Mengontrol,
memonitor semua kegiatan yang ada didalam usaha dan mampu membaca laporan keuangan
serta dapat mengambil keputusan.
·
General Manager
Dapat
mengatur sdeluruh departemen bagian dan menjalankan strategi usaha
·
Financial Manager
Mengontrol
dan memonitoring semua yang berhubungan dengan masalah keuangan, dan dapat
mengatasi masalah keuangan.
·
Production Manager
Bertanggung
jawab terhadap produksi dan menginovasikan yang akan diperjual belikan.
·
Marketing Manager
Dapat
mempromosikan dan menawarkan produk yang menggunakan jejaring social.
BAB IX
RESIKO
9.1
Resiko yang akan mungkin terjadi didalam usaha kami yaitu
1.
Harga
barang-barangnya turun naik.
2.
Adanya
persaingan global
3.
Adanya
cashflow yg tersendat-sendat.
4.
Tingkat
penjualan yg renda
5.
Kacaunya
distribusi.
6.
Adanya bencana alam.
7.
Adanya pencurian, penipuan dsb
BAB X
KESIMPULAN
Usaha
warung sembako kami merupakan usaha yang sangat menjanjikan karena akan
menghasilkan omset yang tinggi. Namun wirausaha harus mempunyai kecakapan dalam
melihat analisis SWOT sehingga dapat mengembangkan usaha dengan baik dan
lancar, tidak menimbulkan kegagalan produksi ditengah jalan maka seorang
wirausaha harus merencanakan usaha semaksimal mungkin agar usaha berkembang
dengan cepat. Dan juga kami akan terus melakukan inovasi agar konsumen terus berlangganan
kepada kami.
sangat membantu kami dalam mewujudkan usaha warung sembako terimakasih
BalasHapus